Rabu, 29 Juli 2009

TECHNICAL LEARNING

Belajar meningkatkan Kecakapan Skill/Teknik (Technical Learning)
Seorang pelaut tradisional dapat mengarungi samudra raya dan bisa sampai di pelabuhan tujuan karena ia cakap membaca tanda-tanda langit (ilmu astronomi). Seorang petani tahu waktu yang tepat untuk membuka lahan, menabur dan menuai.Ia pandai membac tanda-tanda musim. Sungguh, Tuhan telah menetapkan segala sesuatu indah ada waktunya.
Dalam dunia kerja misalnya, kita membutuhkan alat-alat tertentu untuk mempermudah pekerjaan, maka kitapun harus pandai/terampil mengunakan alat-alat tersebut. Misalnya, seorang karyawan pabrik harus paham mengoperasikan mesin produksi. Seorang clerk harus pandai mengetik, mengunakan computer dan Internet. Penguasaan correspondence serta peningkatan distinctive capabilities seperti leadership, teamwork, process, tacit knowledge, adalah keharusaan saat ini bagi seorang pekerja.
Intinya, setiap pekerjaan membutuhkan peralatan dan peralatan membutuhkan skill-skill tertentu dan pelaku harus menguasainya. Tanpa skill yang memadai, hasil yang didapat tidak maksimal. Jika kita hanya memiliki skill yang biasa-biasa saja, sulit bagi kita untuk mendapatkan hasil lebih baik atau posisi lebih tinggi.
Skill Kerja
Belajar dan brusahalah senantiasa untuk meningkatkan skill anda agar setiap pekerjaan yang anda kerja dapat menghasilkan maksimal. Ada beberapa skill yang perlu kita miliki, kuasai dan tambahkan dalam dunia kerja antara lain:
Conceptual Skill: bagaiman mengkonsepkan pekerjaan
Technical Skill: bagaimana menjalankan alat yang dibutuhkan pekerjaan
Practical Skill: skill yang hanya bisa diasah dengan cara banyak melakukan praktek
Communication Skill: bagaimana membahasakan pesan suatu proses/pekerjaan yang akan dieksekusi
Apakah anda sudah melengkapi diri dengan skill atau teknik yang dibutuhkan pekerjaan anda? Beberapa skill seperti tersebut diatas sangat bermanfaat karena dapat menolong seseorang untuk antara lain:
Berpikiran besar & positif dan memiliki kemampuan untuk merumuskan pikirannya secara sistematis dan teratur
Memiliki daya konseptualisasi yang baik terhadap sebuah sasaran
Memiliki kemampuan penguasaan data yang baik
Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam menyampaikan pesan pekerjaan
Mempunya emosi yang terlatih, tenang dan seimbang sehingga tumbuh sebuah temperamen yang tenang dan jernih dalam menghadapi semua situasi, bahkan yang tersulit sekalipun.
Para pakar berkesimpulan bahwa semakin banyak dan semakin baik skill yang kita miliki dan kuasai, kita akan semakin powerful. Dalam dunia industri satu mesin dapat mengantikan 100 orang berskill biasa-biasa saja, tetapi peran satu orang yang sangat skillful tidak bisa tergantikan oleh satu mesin tercanggih sekalipun.
Oleh karena itu, pusatkan diri pada peningkatan skill (kemampuan) Anda yang unik seperti dalam kepemimpinan, teamwork, process, pengetahuan naluriah, dan lain-lain yang mustahil tergantikan atau tersaingi.
Stephen Convey & Zig Ziglar pernah mengatakan bahwa jika kita menggunakan cara yang sama dalam melakukan sesuatu atau melakukan hal yang sama berulang-ulang, janganlah kita mengharapkan hasil yang berbeda.
Jadi jelaslah bahwa skill adalah modal kerja yang sangat penting, sebab dalam praktek hidup, bukan jenis pekerjaan yang membuat nasib kita berubah (karier kita naik, turun atau tetap) melainkan kualitas dalam menangani pekerjaan itu (how well we are doing).

Tidak ada komentar: